SYARAT DAN KETENTUAN

Agar kami dan Anda saling memahami, kami meminta Anda untuk membaca seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini sesuai spesifik layanan yang akan Anda peroleh sehingga dengan ini Anda mengakui bahwa Anda telah membaca seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini pada saat Anda mengajukan permohonan pemberian layanan, dan Anda memahami dan menyetujui sepenuhnya atas seluruh ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini. Jika Anda tidak setuju dengan ketentuan dan/atau isi Syarat dan Ketentuan ini, atau tidak dapat secara akurat memahami interpretasi terhadap ketentuan-ketentuan tersebut, maka dimohon untuk tidak melanjutkan Syarat dan Ketentuan ini.

I. DEFINISI

  • Koperasi” adalah Koperasi Konsumen Sasuka Online Indonesia.
  • “Aplikasi SatuAja” adalah aplikasi mobile yang melayani produk perkoperasian yang digunakan oleh Koperasi Sasuka Online Indonesia.
  • Pengguna” adalah Anggota Koperasi yang menggunakan layanan aplikasi SatuAja.
  • “Akun SatuAja” adalah akun anggota koperasi yang terdaftar di aplikasi sasuka sekaligus sebagai identitas keanggotaan koperasi sasuka online indonesia
  • “Anggota Koperasi” adalah anggota yang telah memenuhi kewajiban Simpanan Pokok dan Simpanan Wajib.
  • Simpanan Pokok” adalah simpanan yang harus dibayarkan calon anggota koperasi saat pertama kali menjadi anggota.
  • Simpanan Wajib” adalah simpanan yang harus dibayarkan oleh calon anggota dan Anggota koperasi kepada koperasi setiap bulannya..
  • SHU” adalah Sisa Hasil Usaha koperasi yang diperoleh dari selisih antara pendapatan dan biaya.

II. PERSYARATAN DAN TATA CARA

  1. Pengguna wajib mengikuti Syarat dan Ketentuan Anggota Koperasi sebagai berikut:
    1. Memiliki wewenang untuk mengambil tindakan hukum menandatangani perjanjian mengikat dengan Koperasi dan tidak dilarang untuk melakukannya berdasarkan hukum yang berlaku.
    2. Mematuhi dan mentaati Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga dan Keputusan Pengurus Koperasi.
    3. Membela dan menjunjung tinggi nama baik Koperasi.
    4. Bersedia mengikuti program-program yang dibuat oleh Koperasi yang bertujuan untuk mensejahterakan Anggota.
    5. Nilai Simpanan Pokok sebesar Rp.20.000 dan Simpanan Wajib sebesar Rp.2.000 per bulan yang dibayar secaa manual atau didebet secara otomatis melalui akun SatuAja Anggota di Koperasi.
    6. Uang Simpanan Pokok dan Simpanan Wajib tidak dapat diambil atau ditarik kembali selama Anggota masih terdaftar menjadi anggota Koperasi.
    7. Simpanan berupa saldo yang bukan merupakan Simpanan Pokok dan Simpanan Wajib dapat diambil atau ditarik kembali sesuai ketentuan yang telah disepakati.
    8. Pembagian SHU dibagi berdasarkan Simpanan Pokok, Simpanan Wajib, dan Usaha masing masing anggota melalui pengembangan tim dan paket Channel link yang dimiliki.
    9. Anggota yang melanggar ketentuan Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, maupun peraturan lain yang berlaku di dalam Koperasi akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  1. Pendaftaran hanya dapat dilakukan melalui Aplikasi Mobile yang dapat diunduh melalui Google Play Store. Dengan demikian, Anggota harus memiliki smartphone dengan kriteria minimum yang dipersyaratkan oleh Koperasi dan memiliki nomor ponsel yang aktif dan valid agar dapat menerima SMS/WA kode OTP yang dikirim oleh Koperasi.
  2. Sebagai bagian dari proses pendaftaran anggota, saat pembuatan PIN, informasi Kartu Tanda Penduduk (KTP)/ Kartu Identitas lainnya, harus diunggah dan diajukan pada Koperasi melalui Aplikasi SatuAja.
  3. Setelah proses pendaftaran diselesaikan anggota wajib menyetor Simpanan Pokok dan Simpanan Wajib yang dipotong dari saldo sasuka .
  4. Transaksi penarikan tunai akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 6.500,- .
  5. Semua transaksi yang dilakukan Anggota akan sebagai pemakaian dalam mata uang Rupiah.
  6. Anggota setuju untuk melepaskan Koperasi dari seluruh kerugian, tanggung jawab, tuntutan, dan biaya (termasuk biaya adanya gugatan hukum) yang dapat muncul terkait dengan eksekusi instruksi Anggota, kecuali Anggota dapat membuktikan lain dan/atau transaksi tersebut dieksekusi karena kesalahan Koperasi.
  7. Penarikan dan Top Up Saldo atau metode penggunaan uang lainnya yang disediakan oleh Koperasi, yang akan dieksekusi berdasarkan instruksi Anggota.
  8. Anggota setuju bahwa Koperasi berhak untuk menutup, memblokir, atau membekukan akun SatuAja dan/atau layanan/fasilitas perkoperasian Anggota di Koperasi baik sementara ataupun permanen, antara lain jika:
    1. Salah satu akun SatuAja yang dimiliki Anggota diduga telah disalahgunakan, meliputi tetapi tidak terbatas pada mengakomodasi dan/atau melakukan tindak kriminal dan/atau telah atau akan terjadi penipuan yang terkait dengan akun SatuAja dan/atau layanan/fasilitas perkoperasian Anggota termasuk yang menimbulkan kerugian bagi masyarakat dan pihak lain, dan/atau Koperasi.
    2. Anggota memberikan data/informasi yang dianggap mencurigakan oleh Koperasi dan/atau memberikan data/informasi palsu/tidak valid/tidak lengkap, dan/atau tidak bersedia memberikan data/informasi apapun yang diminta oleh Koperasi sesuai dengan hukum dan perundangan yang berlaku. Anggota terkena sanksi screening berdasarkan peraturan yang berlaku di Koperasi dan/ atau sanksi screening pada negara penerima.
    3. Profil data Anggota identik dengan Daftar Teroris dan Terduga Teroris (DTTOT) dan Daftar proliferasi senjata pemusnah masal.
    4. Terdapat permintaan tertulis dari instansi Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Kantor Pajak, atau lembaga berwenang lainnya sesuai dengan hukum dan perundangan yang berlaku atau untuk memenuhi kewajiban/utang yang belum diselesaikan oleh Anggota kepada Koperasi.
  9. Jika akun SatuAja Anggota akan ditutup oleh karena alasan di atas, Anggota diwajibkan untuk menarik saldo yang tersisa, atau mentransfer dana tersebut ke rekening di Bank lain sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku di Koperasi. Koperasi berhak untuk tidak menyampaikan alasan penolakan, kecuali diatur lain oleh peraturan perundang-undangan.
  10. Jika Anggota: meninggal dunia, dinyatakan pailit, gagal bayar atau wanprestasi, di bawah perwalian karena alasan tertentu, tidak memiliki hak untuk mengatur, mengelola, atau memiliki kekayaan, maka akun hanya dapat ditutup/dicairkan dan saldo yang tersisa akan dibayarkan kepada pihak yang ditunjuk/pewaris/pengganti hak yang sah sesuai dengan hukum dan perundangan yang berlaku serta persyaratan yang ditetapkan oleh Koperasi. Koperasi dengan ini berhak memeriksa kelengkapan serta keabsahan dokumen yang diserahkan.
  11. Apabila terjadi perselisihan antara Anggota dengan pihak yang ditunjuk atau antara para pihak yang mengaku ahli waris Anggota maka Koperasi berhak untuk tidak melakukan pembayaran kepada siapapun sampai adanya penyelesaian antara pihak yang terkait atau sesuai keputusan pengadilan yang telah berkekuatan tetap.

III. MANFAAT DAN RISIKO

Manfaat

  1. Aplikasi SatuAja tersedia bagi Anggota untuk melakukan seluruh layanan yang disediakan oleh Koperasi.
  2. Layanan Anggota tersedia untuk Layanan Bantuan Anggota seperti pengajuan pertanyaan atau pengaduan melalui LIVE CHAT CUSTOMER SUPPORT.

Risiko

  1. Anggota bertanggung jawab untuk memastikan seluruh data dan instruksi yang diberikan pada Koperasi telah benar dan lengkap. Koperasi tidak bertanggung jawab atas dampak apapun yang dapat disebabkan oleh kelalaian, ketidaklengkapan atau ketidakjelasan data dan/atau instruksi yang diberikan oleh Anggota.
  2. Untuk tiap transaksi yang menggunakan Aplikasi SatuAja, data dan/atau instruksi yang diberikan Anggota akan dianggap benar dan valid untuk dieksekusi oleh Koperasi.
  3. Anggota dengan ini setuju bahwa Koperasi berhak untuk tidak menjalankan instruksi Anggota meliputi, tetapi tidak terbatas pada keadaan berikut:
    1. Saldo Akun SatuAja Anggota tidak mencukupi,
    2. Akun SatuAja tersebut dikenakan penyitaan atau blokir,
    3. Koperasi memiliki alasan untuk mencurigai adanya tindakan fraud atau kriminal.
  4. Jika terjadi sengketa antara Anggota dan pihak ketiga, Koperasi berhak untuk tidak melakukan pembayaran atau transfer pada siapapun hingga persengketaan yang terjadi antara pihak-pihak tersebut telah diselesaikan dan/atau sesuai dengan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.
  5. Anggota dengan ini setuju bahwa Koperasi berhak untuk menghentikan sementara layanan melalui Aplikasi SatuAja untuk periode yang telah ditentukan untuk tujuan pemeliharaan aplikasi, dan tujuan lainnya yang dianggap sah oleh Koperasi, dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya pada Anggota dan tanpa bertanggung jawab pada siapapun.
  6. Anggota dengan ini setuju bahwa Koperasi memiliki hak mutlak untuk memperbaharui, memodifikasi, atau mengubah situs web atau perangkat lunak apapun (termasuk aplikasi SatuAja atau aplikasi koperasi lainnya) yang digunakan untuk mengakses aplikasi sasuka sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan dan tanpa memberikan alasan apapun.
  7. Anggota dengan ini setuju bahwa Koperasi berhak untuk tidak mendukung versi sebelumnya dari perangkat lunak (mobile app) yang digunakan. Jika Anggota gagal untuk memperbaharui perangkat lunak yang relevan atau menggunakan versi yang disempurnakan, Koperasi tidak bertanggung jawab atas segala konsekuensi yang ditimbulkannya.
  8. Koperasi tidak bertanggung-jawab atas penggunaan aplikasi Sasuka pada perangkat yang tidak didukung oleh aplikasi Sasuka, termasuk namun tidak terbatas pada perangkat yang di-jailbreak atau root.

IV. INFORMASI KEAMANAN

  1. Informasi keamanan berupa Nama Pengguna, Kata Sandi, OTP (One Time Password), kode QR, dan PIN akan dibutuhkan untuk login, aktivasi perangkat, dan mengeksekusi setiap transaksi yang menurut Koperasi dibutuhkan sebagai tujuan otentikasi. Untuk tiap informasi keamanan yang akan ditentukan dan ditetapkan oleh Anggota, Anggota harus memastikan untuk menggunakan Kata Sandi yang kuat dan tidak memasukkan Kata Sandi yang mudah ditebak serta informasi diri seperti tanggal lahir dan alamat. Penggunaan informasi tersebut akan dianggap sebagai Kelalaian Anggota. Anggota bertanggung jawab penuh terhadap keamanan dan kerahasiaan seluruh penggunaan Aplikasi Sasuka miliknya.
  2. Informasi keamanan akan menjadi rahasia di bawah tanggung jawab Anggota, karena informasi tersebut memiliki keberlakuan setara dengan instruksi tertulis yang ditandatangani oleh Anggota, dan akan diperlakukan sebagai otorisasi eksplisit oleh Anggota agar Koperasi melaksanakan transaksi melalui Aplikasi Mobile.
  3. Anggota menyetujui untuk membebaskan Koperasi dari segala kerugian, tanggung jawab, klaim dan biaya (termasuk biaya hukum) yang mungkin terjadi dalam kaitannya dengan pelaksanaan instruksi dari Koperasi, kecuali dijalankan karena kesalahan dari Koperasi.
  4. Anggota bertanggung jawab untuk memperoleh dan menggunakan perangkat lunak dan/atau peralatan yang diperlukan untuk dapat mengakses Aplikasi SatuAja dengan risiko yang ditanggung Anggota.
  5. Anggota juga bertanggung jawab atas kinerja dan keamanan (termasuk tanpa batasan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk mencegah penggunaan atau akses yang tidak sah) dari setiap peralatan yang digunakan oleh Anggota untuk mengakses Aplikasi SatuAja.
  6. Anggota harus memastikan bahwa peralatan yang digunakan untuk mengakses Aplikasi SatuAja bebas dari kegagalan elektronik, mekanik, data yang gagal atau terkorupsi, virus komputer, bug dan/atau perangkat lunak yang berbahaya/tidak diizinkan oleh penyedia layanan telekomunikasi, atau produsen atau vendor dari peralatan yang relevan. Ini termasuk:
    • Penggunaan komputer pribadi Anggota, perangkat mobile dan/atau Terminal Anggota lainnya dengan perangkat lunak berupa anti-virus terbaru, anti-malware dan firewall yang tersedia dan perangkat lunak yang digunakan secara teratur selalu diperbarui dan dijalankan dengan anti-virus signatures terbaru.
    • Memastikan bahwa Anggota tidak melakukan jailbreak, root atau memodifikasi perangkat mobile dan/atau Peralatan lainnya, atau mengunduh aplikasi yang tidak diizinkan karena hal ini dapat membuat perangkat lebih rentan terhadap virus dan malware.
  7. Anggota menyetujui bahwa Aplikasi SatuAja dan Koperasi tidak bertanggung jawab atas kegagalan elektronik maupun mekanik, atau data yang terkorupsi, virus komputer, bug dan/atau perangkat lunak yang berbahaya lainnya dari jenis apapun yang mungkin timbul dari layanan yang disediakan oleh penyedia layanan internet yang relevan atau informasi penyedia layanan.
  8. Anggota bertanggung jawab untuk keamanan nomor Anggota yang diterbitkan oleh Aplikasi SatuAja, termasuk perlindungan dari pencurian dan penyalahgunaan.
  9. Aplikasi SatuAja dan Koperasi dibebaskan oleh Anggota dari segala kerugian dan dampak hukum yang muncul disebabkan oleh pelanggaran ketentuan penarikan dana, sehingga membuat Anggota yang termasuk dalam Daftar Hitam Anggota Luar Biasa (DHN) yang diterbitkan oleh Bank Indonesia dan/atau Otoritas Jasa Keuangan.
  10. Dengan melaksanakan transaksi melalui Aplikasi SatuAja, Anggota memahami bahwa seluruh komunikasi dan instruksi dari Anggota yang diterima oleh Koperasi akan diperlakukan sebagai bukti sah meskipun tidak dibuat dalam bentuk dokumen tertulis atau diterbitkan dalam bentuk dokumen yang ditandatangani, dan, dengan demikian, Anggota setuju untuk mengganti rugi dan melepaskan Koperasi dari segala kerugian, tanggung jawab, tuntutan dan pengeluaran (termasuk biaya hukum) yang dapat muncul terkait dengan eksekusi dari instruksi Anggota, kecuali kesalahan eksekusi dari instruksi diakibatkan oleh kesalahan atau kelalaian pihak Koperasi.

V. PEMBUKUAN

  1. Pencatatan setiap transaksi yang terjadi dalam Akun SatuAja anggota Koperasi yang menjadi dasar bagi dan menyebabkan perubahan pada saldo akan diberikan dalam format yang dianggap tepat oleh Koperasi.

VI. HUKUM DAN YURISDIKSI YANG BERLAKU

  1. Interpretasi dan implementasi Syarat dan Ketentuan ini diatur dan tunduk pada hukum yang berlaku di Republik Indonesia.
  2. Untuk hal-hal yang terkait dengan Syarat dan Ketentuan serta seluruh konsekuensinya, Anggota akan memilih tempat kedudukan hukum (domisili) yang tetap dan seumumnya di kantor kepaniteraan Pengadilan Negeri Sleman dengan tidak mengurangi hak Koperasi untuk mengajukan gugatan hukum atau tuntutan terhadap Anggota dalam pengadilan lain di Indonesia sesuai dengan hukum dan perundangan yang berlaku.
  3. Anggota dan Koperasi sepakat untuk mengesampingkan ketentuan dalam Pasal 1266 Hukum Perdata Indonesia.
  4. Syarat dan Ketentuan ini telah disesuaikan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan termasuk ketentuan peraturan Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

VII. PERNYATAAN DAN WEWENANG

  1. Anggota dengan ini menyatakan bahwa setiap data, deskripsi, dan tanda tangan elektronik Anggota pada aplikasi SatuAja dan/atau layanan/fasilitas perkoperasian yang digunakan oleh Anggota, berbagai dokumen pendukung lain yang terkait dengan Aplikasi SatuAja dan/atau layanan/fasilitas perkoperasian yang digunakan oleh Anggota, serta tiap instruksi operasional dan/atau layanan/fasilitas perkoperasian Anggota, serta wewenang yang diberikan oleh Anggota pada pihak ketiga (jika ada) dan wewenang yang diberikan pada Koperasi adalah valid dan sah serta mengikat pada seluruh jenis dan/atau layanan/fasilitas perkoperasian Anggota, kecuali jika dinyatakan lain. Anggota diwajibkan untuk segera memberikan informasi pada Koperasi atas tiap perubahan nama, nomor telepon, dan hal lain yang menyimpang/berbeda dari data/deskripsi yang sebelumnya diberikan oleh Anggota pada Koperasi terkait akun Anggota. Kelalaian Anggota dalam memberitahukan perubahan tersebut pada Koperasi sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anggota.
  2. Anggota dengan ini menyatakan bahwa:
    • Koperasi berhak untuk melakukan pengujian terhadap validitas data yang diberikan oleh Anggota pada Aplikasi Sasuka atau aplikasi untuk mengikuti fasilitas/layanan Koperasi atau aplikasi serupa; dan berhak untuk meminta data tambahan yang dibutuhkan oleh Koperasi.
    • Koperasi telah memberikan penjelasan memadai mengenai karakteristik produk Koperasi yang akan digunakan dan Anggota telah memahami seluruh konsekuensi dari penggunaan produk Koperasi tersebut, termasuk keuntungan, risiko, biaya yang ditimbulkan terkait dengan produk.
  3. Anggota dengan ini menyatakan memberikan wewenang pada Koperasi untuk mendebet langsung dana dari akun SatuAja Anggota untuk keperluan transaksi perkoperasian (simpanan anggota).
  4. Dalam hal Anggota tidak memberikan persetujuan kepada Koperasi untuk memberikan dan/atau menyebarluaskan data pribadi Anggota kepada pihak lain (di luar Koperasi) untuk tujuan komersial, Koperasi hanya akan menggunakan data Pribadi Anggota yang terdapat pada Koperasi untuk kepentingan internal Koperasi dan data pribadi tersebut tidak akan diberikan dan atau disebarluaskan kepada pihak lain di luar badan hukum Koperasi, kecuali sebagaimana diatur pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
  5. Anggota dengan ini memahami dan menyetujui bahwa jika Anggota memberikan otorisasi dan/atau pembukaan akses kepada Koperasi atas:
    • data perangkat seluler Anggota;
    • informasi resmi dari penyedia telekomunikasi Anggota (tidak termasuk data percakapan);

maka Koperasi dapat membaca, memperoleh, mengumpulkan, mengolah serta menganalisis informasi di akun Anggota tersebut hanya terhadap informasi yang relevan menurut Koperasi dengan layanan atau produk Koperasi yang dipilih oleh Anggota atau layanan atau produk Koperasi yang akan ditawarkan kepada Anggota.Anggota dengan ini menyatakan bahwa dia memahami dan sepenuhnya menyadari seluruh risiko yang ditimbulkan dari transaksi, baik yang diproses melalui kantor Koperasi, tempat lain yang ditetapkan oleh Koperasi, atau transaksi lain terkait dengan transaksi elektronik, serta sepenuhnya bertanggung jawab atas transaksi yang diproses, termasuk jika terjadi penyalahgunaan Rekening, dan/atau fasilitas/layanan perkoperasian oleh sebab apapun.

6. Anggota dengan ini menyatakan bahwa Aplikasi SatuAja dan Koperasi dibebaskan dari tuntutan/gugatan ganti rugi yang muncul akibat kegagalan sistem dan/atau fasilitas komunikasi yang disebabkan oleh faktor eksternal di luar kendali Koperasi.

7. Anggota dengan ini menyatakan bahwa dia menyetujui penggunaan tanda tangan yang tertera pada Foto KTP yang disampaikan kepada Koperasi untuk disimpan dan dipergunakan oleh Koperasi sebagai specimen tanda tangan Anggota.

8. Anggota dengan ini menyatakan tunduk dan terikat pada Syarat dan Ketentuan Anggota Koperasi Sasuka Online Indonesia (“Syarat dan Ketentuan”) persyaratan dan ketentuan yang terkait dengan akun SatuAja dan/atau fasilitas/layanan perkoperasian akan diterima oleh Anggota seperti hukum, perundangan dan kuasa Koperasi yang berlaku di Republik Indonesia, akan halnya ketentuan yang ditetapkan oleh Republik Indonesia terkait dengan fasilitas/layanan perkoperasian yang diberikan oleh Koperasi pada Anggota (meliputi tetapi tidak terbatas pada proses transaksi melalui media elektronik).

9. Seluruh wewenang yang diberikan oleh Anggota dalam Syarat dan Ketentuan tersebut diberikan dengan hak substitusi, dan sepanjang kewajiban Anggota terhadap Koperasi belum sepenuhnya selesai, wewenang tersebut tidak dapat ditarik dan diakhiri untuk alasan apapun, termasuk tetapi tidak terbatas pada alasan yang disebutkan pada Pasal 1813 Hukum Perdata karena wewenang tersebut adalah komponen tak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan yang ada.

10. Anggota menyetujui dan mengakui Koperasi memiliki wewenang untuk meningkatkan, mengubah atau melengkapi Syarat dan Ketentuan tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Setiap perubahan, tambahan atau pembaruan atas Syarat dan Ketentuan tersebut akan disosialisasikan melalui email Anggota atau sarana komunikasi/informasi lainnya dan Anggota terikat dengan perubahan dimasa mendatang tersebut.

11. Anggota menyetujui untuk menerima pemberitahuan melalui sarana elektronik sesuai ketentuan hukum yang berlaku, Syarat dan Ketentuan ini, serta notifikasi lainnya mengenai penggunaan Anggota terhadap akun sasuka atau produk/layanan dari Koperasi. Sarana elektronik termasuk, namun tidak terbatas pada, surat elektronik, atau ditampilkan pada laman situs, Aplikasi SatuAja, atau melalui sarana komunikasi nirkabel. Ketentuan, perjanjian dan notifikasi di atas akan dianggap telah diterima saat diterbitkan.

12. Anggota dengan ini menyatakan telah menyetujui bahwa Anggota wajib memberikan informasi dan atau dokumen tambahan yang diminta oleh Koperasi terkait dengan transaksi dan profil Anggota jika dibutuhkan.

13. Dengan membaca, memahami dan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, Anggota mengikatkan diri pada seluruh Syarat dan Ketentuan ini, dan seluruh syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Koperasi dan menyatakan bahwa Koperasi telah memberikan penjelasan yang cukup mengenai karakteristik produk atau layanan Koperasi termasuk Jasa Perkoperasian Elektronik yang akan Anggota manfaatkan dan Anggota telah mengerti dan memahami segala konsekuensi pemanfaatan produk atau layanan Koperasi termasuk Jasa PerKoperasian Elektronik, berikut dengan manfaat, resiko dan biaya-biaya yang melekat pada pada produk atau layanan Koperasi termasuk Jasa Perkoperasian Elektronik tersebut.

VIII. KEADAAN KAHAR (Force Majeure)

  1. Anggota akan membebaskan Koperasi dari segala tuntutan, jika Koperasi tidak dapat melaksanakan instruksi dari Anggota, baik sebagian maupun sepenuhnya yang disebabkan oleh kejadian atau sebab yang berada di luar kendali atau kemampuan Koperasi, meliputi tetapi tidak terbatas pada bencana alam, peperangan, kerusuhan, pandemi, kondisi perangkat keras, kegagalan sistem infrastruktur elektronik atau transmisi, gangguan daya, gangguan telekomunikasi, kegagalan sistem kliring atau hal lainnya yang ditetapkan oleh Koperasi Indonesia atau lembaga berwenang lainnya.
  2. Setelah kejadian yang menyebabkan Koperasi tidak dapat melaksanakan instruksi dari Anggota berakhir, Koperasi akan melanjutkan kembali instruksi tersebut dalam kurun waktu sesuai dengan ketentuan dari Koperasi Indonesia dan/atau Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah

IX. PERTANYAAN DAN PENGADUAN

  1. Anggota dapat menghubungi Layanan Anggota/Live Chat Customer Support untuk bertanya, mengajukan permintaan, dan/atau mengajukan pengaduan di nomor 0813 1630 7653 jika Anggota ingin mengajukan pengaduan secara tertulis, Anggota harus menyertakan bukti yang mendukung pengaduan tersebut.
  2. Jika pengaduan tersebut terkait dengan transaksi keuangan yang telah dilakukan, Anggota harus mengajukannya paling lambat 7 (tujuh) hari kerja sejak transaksi keuangan tersebut dilakukan.
  3. Koperasi akan melakukan pemeriksaan/penyelidikan atas pengaduan tersebut sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku di Koperasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.